Tips Cermat dan Efektif Belanja Online



Hai Bunda,

Bunda pengguna smartphone? Pernah belanja online, bagaimana rasanya? Ketagihan? 
Hmm... Saya punya tips cermat dalam belanja online, yuk disimak! ;)

Zaman semakin maju, teknologi pun semakin canggih. Munculnya smartphone, memungkinkan Anda dapat melakukan semuanya dalam satu genggaman saja. Salah satu contoh yang paling mudah kita lihat perkembangannya adalah belanja online atau online shopping yang dilakukan melalui aplikasi dari smartphone kita. Kita hanya perlu mengunduh aplikasi belanja online yang disediakan oleh PlayStore, setelah itu kita bisa berjalan-jalan untuk melihat produk-produk yang kita inginkan, seolah-olah kita sedang berada di mall besar yang menyediakan berbagai kebutuhan. Kita tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk pergi ke toko atau mall untuk mencari apa yang kita butuhkan. Yang Anda lakukan adalah duduk santai sambil melihat layar ponsel Anda. Begitu mudah dan simpel.

Hanya saja, Anda sebagai ibu rumah tangga harus pandai dalam belanja online. Tak sedikit ibu rumah tangga, perempuan karir, atau bahkan pelajar dan mahasiswa, kalap ketika berbelanja online. Dengan segala kemudahan yang ada, banyak orang yang akhirnya ketagihan dan boros dalam berbelanja. Lalu bagaimana cara mengantisipasi lapar mata hingga akhirnya kita mengeluarkan uang yang ternyata di luar budget kebutuhan?

Ini dia solusinya....

Catat Kebutuhan Primer

Anda perlu mencatat baik-baik keperluan yang benar-benar Anda butuhkan. Jangan lupa, masukkan juga anggarannya dalam budget pengeluaran kebutuhan belanja bulanan Anda, agar budgeting keuangan Anda rapi dan aman. Sehingga Anda bisa membandingkan catatan keuangan bulan ini dengan bulan lainnya. 

Komitmen Belanja Sesuai Kebutuhan

Ibu yang pandai adalah ibu yang cermat dalam belanja. Setelah Anda mencatat barang yang memang benar-benar diperlukan, Anda harus berkomitmen agar belanja sesuai dengan kebutuhan, bukan karena ketertarikan atau keinginan, tetapi karena Anda perlu dengan barang itu.

Minta Pendapat Suami

Sebelum Anda berbelanja online, pastikan Anda meminta pendapat atau persetujuan dari suami Anda. Karena suami Anda yang mencarikan uang, sehingga ia berhak dimintai pendapatnya. 

Sesuaikan dengan Budget

Jika pemasukan perbulan Anda besar, tak masalah jika memang harus belanja online. Tetapi bagaimana jika pemasukan Anda tidak jauh lebih besar dari pengeluaran Anda, pertimbangkan kembali untuk belanja online. Sesuaikan belanja Anda dengan kondisi keuangan, prioritaskan yang lebih penting untuk dibeli.

Simpan Ponsel, Bermainlah dengan Keluarga

Kadang adakalanya Anda butuh untuk menjauhkan diri dari ponsel Anda. Mungkin Anda tidak menyadari jika perhatian kita lebih besar pada ponsel dibandingkan dengan keluarga. Sekali-kali istirahatkan ponsel Anda, dan bermainlah dengan keluarga Anda. Dengan begitu, mata Anda pun bisa rehat dari layar ponsel meskipun sejenak saja.

Evaluasi Keuangan, Evaluasi Diri

Anda perlu melakukan evaluasi keuangan setiap bulannya. Anda akan mengetahui barang-barang apa saja yang memang dibutuhkan pada saat itu dan juga Anda sebenarnya bisa menyimpan uang untuk membeli sesuatu di lain hari. Sambil melakukan evaluasi keuangan, Anda juga bisa mengevaluasi diri Anda. Sudahkan menjadi ibu cermat dan pandai dalam berbelanja? Anda akan mengetahui hasilnya sendiri.

Itulah beberapa tips dari saya yang semoga bermanfaat untuk Bunda. Sebenarnya itu juga catatan penting untuk diri saya sendiri. Belanja online memang tidak salah, kita hanya perlu cermat dalam belanja agar tidak boros dan menyia-nyiakan uang.

Yuk sama-sama belajar menjadi ibu hebat dan bijak! Istri hemat dan cermat, dambaan para suami ^_^
Semoga bermanfaat ;)

Tonton juga video ini, Tips Belanja Hemat dan Efektif




Share this:

, ,

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment