Sekilas tentang Trend Hijab Fashion 2016



Meskipun sudah hampir di ujung tahun 2016, tapi tidak ada salahnya kan saya ingin memposting tentang Trend Hijab Fashion 2016 ini, yang mungkin juga masih akan menghiasi di tahun 2017 awal.

Well, karena saya pengamat (read: pedagang online) hijab fashion, jadi saya ingin sekali mencoba merangkumkan trend hijab fashion selama 2016 ini. Sekalian menulis referensi untuk produksi hijab fashion milik saya nanti (InshaAllah, aamiin). 

Perkembangan dunia fashion memang tidak pernah berhenti di satu masa. Fashion selalu mengalami perubahan dan akhirnya menjadi trend di tengah-tengah masyarakat dunia. Begitu pun dengan Hijab Fashion bagi Muslimah yang selalu berkembang dari masa ke masa. Memang saat ini hijab sudah menjadi trend bagi setiap muslimah di negeri mana pun, termasuk Indonesia. Bahkan sudah banyak desainer hijab yang melanglang ke dunia internasional, meski di negara tersebut kaum Muslim adalah minoritas. 

Dengan kreativitas para desainer, hijab disulap menjadi lebih menarik dan tentunya fashionable, terlepas apakah memenuhi syariat atau pun tidak.

Pemilihan warna-warna lembut dan minimalis di tahun 2016 menjadi trend bagi para Muslimah. Saya melihat warna-warna pastel dan bold banyak memenuhi produk-produk hijab. Motif garis-garis, two tone, bahkan motif etnik seperti Bohemian Style cenderung meramaikan produk hijab fashion akhir-akhir ini.


Outwear semacam cardigan dan vest atau rompi juga sangat menjadi trend di tahun ini. Pemakaian rompi atau cardigan seperti memberikan efek simpel, enerjik, dinamis, tetapi modis dan casual. Dengan berbagai motif polos, zigzag, kotak-kotak, stripe, atau lainnya semakin membuat pemakainya tampil cantik dan modis.

produk vest dari merk Radwah dengan motif kotak-kotak yang minimalis


trend hijab fashion dengan long cardigan (sumber: pinterest)

desainer muda, rani hatta mengenakan blazer rancangannya (sumber: pinterest)

Begitu pun dengan hijab instan (pashmina instan) yang semakin membuat pemakainya lebih praktis. Ya, hijab instan sekarang sedang berkembang dengan berbagai pemilihan model dan warna. Muslimah tidak harus lagi merasa ribet ketika berhijab dengan menggunakan pashmina. 

contoh pashmina instan dengan warna nude
Tidak jauh berbeda dengan hijab syari' fashion yang juga mengedepankan gaya casual dan praktis. Warna-warna pastel dan bold juga masih menghiasi produk-produk busana muslim syari. Masih dengan gaya rok lebar dan memayung, sepertinya para Muslimah lebih leluasa bergerak dengan gamis model seperti ini.

contoh kreatifitas Lyra Virna setelah berhijrah memiliki produk busana syari yang elegan

Dilengkapi dengan balutan khimar yang panjang hingga menutupi dada dan bokong, semakin membuat Muslimah terlihat cantik dan elegan. Semakin populernya gamis dan khimar syari, semakin banyak pula Muslimah yang berhijrah dari tidak berhijab, atau ala hijabers, menjadi syari. Busana syari tidak lagi dicap sebagai pakaian kuno yang kolot dan tidak sesuai zaman, buktinya para desainer kreatif berhasil membuat busana muslim syari menjadi trend di masyarakat dunia. Pemilihan motif bunga-bunga (shabby chic) juga masih diminati sebagian besar Muslimah yang memilih busana syari, lengkap dengan aksesoris renda yang menambah kesan vintage dan cantik.

Jadi style Muslimah Bunda yang mana? 

Itulah sedikit rangkuman saya mengenai trend hijab fashion yang melanda kaum Muslimah saat ini. Semuanya memiliki keunikan tersendiri. Nah, yang perlu dicatat adalah apakah Bunda berhijab sekedar mengikuti trend ataukah karena taat sama perintah Allah? Itu adalah pilihan Bunda sendiri ya...

Semoga bermanfaat :)


Share this:

,

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment