Kunci Komunikasi Harmonis Suami Istri



Dalam pernikahan, hubungan suami istri terdapat sebuah jalinan yang erat dan kuat. Namun sering kali kita menemukan jalinan itu tidaklah lagi seerat dahulu ketika awal pernikahan. Bisa jadi ia meregang, retak, bahkan putus seketika.

Komunikasi adalah kunci dari jalinan yang erat itu, karena keduanya disatukan oleh ikatan cinta dan kasih sayang. Ketika mengucapkan janji suci, sudah pasti terdapat komitmen besar yang mengiringi kehidupan pernikahan. Hubungan suami istri haruslah beriringan seperti persahabatan yang akrab, bukan seperti atasan dan pegawai, atau pemerintah dengan rakyatnya. Karena itulah dibutuhkan adanya komunikasi yang harmonis namun efektif selama apapun usia pernikahan itu.

Ingin tahu kunci komunikasi harmonis suami istri? Yuk simak terus postingannya :)




1. Empati

Empati berarti kemampuan untuk menempatkan diri kita di posisi pasangan. Dengan begitu kita bisa merasakan apa yang ia rasakan. Berusahalah untuk mengerti dan memahami, dengan begitu juga kita dijauhkan dari sikap egois dan keras kepala.

2. Dengarkanlah dahulu

Jika pasangan Anda sedang merasa kesal, dan ingin mengutarakan segala isi hati dan pikirannya. Tenang! Dengarkanlah ia dahulu, janganlah dulu berkata-kata apalagi memarahinya. Biarkan luapan emosinya keluar sehingga bebannya akan terasa lebih ringan. Dan jadilah pendengar yang baik, sambil memikirkan bagaimana solusi terbaik. Ajaklah ia berbicara ketika nada dan ekspresi wajahnya sudah terlihat tenang, sehingga keputusan bisa disepakati bersama. Bicaralah dengan intonasi dan nada yang tenang namun meyakinkan, itu akan membuat pasangan Anda merasa lebih baik.

3. Bersikap Terbuka

Janganlah pernah menyembunyikan sekecil apapun dari pasangan Anda. Komunikasikan segalanya dengan pasangan Anda, karena ia adalah teman hidup Anda. Jauhkan juga rasa curiga dan sikap berburuk sangka. Tanyakan langsung padanya jika memang terasa ada yang mengganjal di hati.

4. Rendah Hati

Bersikap rendah hati akan menjadikan pasangan Anda lebih menghormati dan menghargai Anda, Jauhkanlah sikap arogan pada pasangan Anda.

5. Respek

Bersikap hormat ditunjukan dari intonasi, sikap, tatapan, serta gerak tubuh Anda. Janganlah sekali-kali bersikap tidak acuh di hadapan pasangan Anda, seperti misalnya membalikkan tubuh Anda ketika pasangan Anda mengajak berbicara.

Itulah 5 kunci komunikasi harmonis suami istri yang efektif. Semoga bermanfaat ya Bun...

Oya ini ada video bagus lho, tips bagaimana membuat hubungan suami istri lebih harmonis

Ditonton dulu yuk :D

Share this:

,

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment