Ini Terapi Keluhan Nyeri Pinggul Saat Hamil



Hai Bunda,

Di kala hamil, adalah sebuah hal yang normal ketika Bunda mengalami rasa letih dan nyeri di beberapa bagian tubuh Bunda. Kali ini saya ingin memberikan tips seputar bagaimana mengatasi nyeri pinggul pada saat hamil. Saya sudah merangkumnya dari buku Panduan Kehamilan Muslimah karya Dr. dr. H. Imam Rasjidi, SpOG (K) Onk. Yuk simak di bawah ini.




Hormon yang dilepaskan dalam kehamilan membuat ligamen yang mendukung sendi menjadi lebih rileks. Kondisi ini terjadi hampir sejak saat pembuahan sebagai cara alam menyiapkan tubuh untuk melahirkan. Gerak ekstra persendian pinggul dan panggul ini akan membantu proses melahirkan. Namun, kondisi ini juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman yang bisa memburuk ketika ukuran tubuh dan berat badan Anda bertambah. Sebagian orang mengalami nyeri pinggul ketika bayi masuk pintu atas panggul.
Untuk keluhan ini, biasanya dokter akan menganjurkan terapi medis sebagai berikut:
  • Posisikan tidur yang tepat yang memungkinkan semua sendi di sekitar panggul dan pinggul tersangga dengan baik, seperti tidur miring pada satu sisi dengan kedua tungkai tertekuk dan meletakkan bantal di antar lutut untuk menyangga seluruh panjang tungkai. Perlu juga meletakkan bantal di bawah perut agar Anda tidak terguling ke depan. Anda juga bisa menempatkan botol air panas pada pinggul untuk membantu menghangatkan . Hindari duduk dengan tungkai menyilang dan untuk memastikan Anda duduk tegak, gunakan bantal kecil untuk menyangga lengkung di bagian punggung bawah. Anda juga harus menghindari aktivitas yang dapat memperburuk rasa nyeri. Jika rasa nyeri masih terasa dalam beberapa lama, mintalah bantuan medis.
  • Hindari obat aspirin karena memiliki efek pengenceran darah. Namun bisa saja diberikan resep ini dengan dosis rendah untuk ibu yang sering mengalami keguguran atau pra-eklampsia.
  • Hindari obat golongan ibuprofen karena bisa memengaruhi bayi dan memperpanjang masa bersalin.
  • Hindari konsumsi parasetamol berlebihan. Menurut penelitian, ibu yang mengkonsumsi parasetamol hampir tiap hari dalam masa kehamilan lanjut, kemungkinan dua kali lipat lebih besar memiliki bayi dengan asma. Parasetamol dianggap aman dalam dosis yang dianjurkan dan hanya digunakan sesekali.
  • Minumlah obat penghilang nyeri tidak lebih dari 1-2 hari per minggu
Itulah terapi yang disarankan oleh sebagian dokter ketika Anda mengalami rasa nyeri di pinggul yang berlebih. Istirahat dan minum air putih yang banyak akan membantu mengurangi rasa lelah Anda.
Semoga artikel ini bermanfaat 

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment