Kiat-kiat Mendapatkan Penghasilan Tambahan Tanpa Modal, Terbukti Lho Bun!



Hai Bunda,

Ini adalah artikel pertama saya di blog baru ini. Kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya mengenai penghasilan tambahan meski saya tidak harus kerja di luar seperti suami. Eits, tapi saya bukan hendak mempromosikan suatu produk atau suatu komunitas bisnis lho Bun. Ini benar-benar tips dan kiat-kiat yang akan saya bagikan kepada Bunda semua. 

Seperti apa itu? Lanjut terus yuk bacanya :)



Pengeluaran keluarga membengkak? Penghasilan tetap? Apakah Bunda mesti bekerja di luar rumah seperti suami? Hmm...tunggu dulu Bun!

Ini dia tips sederhana ala Bunda Mashel untuk para Bunada yang hendak mendapatkan penghasilan tambahan. Hanya saja, kiat-kiat ini mesti dipraktikkan pada Bunda yang gigih, ingin mencoba, dan terus konsisten menerapkan ilmunya. Bunda tak perlu mengeluarkan modal untuk melakukan tips ini. 

"Jadikan pengeluaran sebagai penghasilan tambahan"

"Bagaimana bisa pengeluaran jadi penghasilan tambahan?"
Bisa lho Bun... Saya juga pernah coba dan ternyata terbukti.

Contoh: 
Dalam sebulan saya biasanya membeli pulsa telepon dan internet sebesar Rp 100.000,- Penggunaan pulsa telepon sebesar Rp 20000 dan pulsa internet sebesar kurang lebih 4 GB/bulan.

Biasanya saya gunakan pulsa internet sebagai sarana hiburan, berkomunikasi dengan teman-teman jauh via medsos, sarana informasi dan edukasi, sarana jual beli online (saya sebagai konsumen), dll. Maka uang sebesar kurang lebih 100rb itu akan lenyap begitu saja dengan aktvitas seperti di atas, meski sebenarnya kita mendapatkan manfaat lainnya, tetapi bukan penghasilan dalam bentuk uang. Benar?

Nah, yang saya lakukan adalah bagaimana caranya dengan uang 100rb dalam bentuk paket data internet itu bisa menghasilkan uang adalah dengan menjadi “Online Reseller”. Yup, kita gunakan paket data internet kita itu untuk menjadi penjual online.

“Tapi kan saya tidak punya produk apapun? Masa harus cari modal dulu sih buat jualan produk secara online?
Tidak perlu Bun. Banyak supplier (penyedia produk) online di luar sana yang menawarkan jasa reseller dropship atau marketer online.

Apa itu reseller dropship? Reseller dropship berbeda dari reseller kebanyakan yang biasanya harus membeli barang supplier terlebih dahulu dengan beberapa syarat minimal pembelian, target pembelian tiap bulannya, pengiriman dilakukan sendiri dsb. Reseller dropship adalah penjual yang memasarkan kembali dagangan milik toko supplier tanpa harus kita miliki produknya. Tugas reseller dropship ini hanya memasarkan produk kepada calon konsumen, sedangkan untuk pengemasan produk dan pengiriman pada konsumen dilakukan oleh pihak supplier.

Tugas Bunda yang pertama adalah carilah pihak supplier yang tidak memiliki syarat atau harus mengeluarkan modal di awal. Maka Bunda tidak harus mengeluarkan modal apapun kecuali smartphone dan pulsa internet milik Bunda sendiri. Bagaimana dengan komisinya? Tergantung pihak supplier. Ada supplier yang memberikan potongan harga, ada juga yang tidak. Saran saya, naikan harga sebesar 10-15% dari harga asli toko jika memang supplier tidak memberikan potongan harga yang terlalu besar. Carilah supplier terpercaya dengan melihat testimoni konsumen dan merespon cepat.

Kemudian, tugas Bunda selanjutnya adalah membuat toko online sendiri di berbagai media social, seperti Facebook, Instagram, Line atau lainnya. Pasarkan produk supplier di medsos Bunda atau pun akun medsos khusus untuk berjualan dengan deskripsi yang meyakinkan konsumen dan jangan pajang foto produk yang tidak jelas atau blur.

Rekening bank Bunda sendiri akan menjadi tempat pendaratan sempurna bagi penghasilan tambahan Bunda. Jika tidak punya rekening sendiri, pakailah milik suami. Selain itu mendaftarkan akun rekening pada layanan mobile atau internet banking akan semakin memudahkan aktivitas transaksi online Bunda. Karena dengan memilikinya, Bunda bisa bertransaksi dan melakukan pengecekan dimana dan kapan saja tanpa harus pergi ke atm.

Awal-awal kita berjualan online memang tidak ramai. Namun sikap konsisten dan terus gigih untuk mendapatkan penghasilan tambahan pasti bisa pecah. Kuncinya, terus belajar untuk menaikkan level cara memasarkan produk, melayani konsumen dengan ramah, teknik memuluskan konsumen agar bisa membeli produk kita, dll. Intinya terus belajar dari waktu ke waktu dan jangan pantang menyerah.

Bunda ingin dapat penghasilan tambahan? Kenapa tidak coba tips ini? Kalau kita sudah berusaha, Insha Allah, Allah memuluskan rezeki kita dari mana saja. Maka uang pulsa Bunda sebesar 100rb/bulan bisa digantikan dengan 1 juta/bulan, insha Allah.... Aamiin.

Sudah siap mendapatkan penghasilan tambahan? :)

Tonton video ini yuk untuk tips2 keuangan sehat lainnya :D





Share this:

, ,

CONVERSATION

1 comments: