Cara Ampuh Turunkan Panas pada Bayi




Duh, cuaca sedang tidak jelas begini! Kadang hujan, kadang panas, sering juga berangin. Jadi was-was sama kondisi si kecil yang masih rentan.
Cuaca di luar sana memang sedang ekstrim beberapa tahun terakhir. Bunda pasti khawatir pada si kecil yang kondisi tubuhnya masih rentan terhadap udara. Wajar jika suhu tubuhnya kadang naik ketika tubuhnya sedang tidak baik. Yang Bunda harus lakukan pertama kali adalah ‘Keep Calm and Do the Best’, tetap tenang dan usahakan si kecil nyaman.

Jika Bunda menemukan suhu tubuh bayi panas sekitar 38 derajat Celcius atau lebih, berarti ia sedang mengalami demam. Jangan panic dulu, ya Bun! Demam adalah reaksi normal pada setiap tubuh manusia, juga bayi. Jika bayi mengalami demam, ini menandakan tubuhnya sedang bereaksi terhadap virus, bakteri, atau sejenisnya. Tubuhnya justru sedang melawan virus atau bakteri tersebut. Demam juga mengindikasikan bahwa sistem kekebalan tubuhnya berfungsi dengan baik. Selama bayi bersikap aktif, tetap mau mengkonsumsi asi/mpasi, dan ceria, maka ia baik-baik saja.

Maka, apa yang harus Bunda lakukan untuk mengantisipasi bayi demam?




Berangkat dari pengalaman saya ketika bayi saya mengalami demam 2 minggu berturut-turut, saya melakukan kompres tubuh kepada bayi saya. Saya kompres dengan menggunakan handuk panas yang kemudian ditaruh di dahi, ketiak, punggung, dada, dan lipatan pahanya. Alhamdulillah malamnya, suhu panasnya langsung menurun. Berbeda ketika saya mengolesinya dengan minyak zaitun dan bawang.

Ketika anak saya demam, saya juga tetap membiasakannya untuk mandi, dengan catatan mandi air hangat yang suhunya lebih tinggi dari biasanya. Jika anak, masih tetap ceria artinya tak lama lagi ia akan sembuh dari demamnya.

Jangan lupa untuk memakaikannya baju tipis ya Bun, dan sediakan juga thermometer di rumah agar Bunda mengetahui suhu tubuhnya secara pasti jika ia terkena demam. Juga sering-seringlah memberinya ASI atau minum, agar tidak terjadi dehidrasi pada tubuhnya.

Jika memang, suhu tubuhnya tidak turun-turun dan lebih di atas 39 derajat Celcius, apalagi ditandai dengan ciri-ciri berikut:
- Susah makan atau minum
- Terlihat murung dan lesu
- Rewel tidak bisa diam
- Susah tidur
- Dehidrasi
- Kejang-kejang
Maka saya sarankan, segera bawa bayi Anda ke dokter terdekat.

Semoga artikel ini bermanfaat :)

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment