Resep Matcha Oreo PannaCotta




Bunda sudah tahu panna cotta? Panna cotta adalah salah satu dessert khas Italia yang mirip dengan pudding tetapi memiliki tekstur lebih creamy dan lembut. Para chef menambahkan krim dan susu ke dalam gelatin mereka. Makanya kita akan mendapatkan tekstur yang lembut ketika panna cotta dimasukkan ke dalam mulut kita, mmm….

Nah Bunda, kita bikin panna cotta versi Bunda Mashel yuk. Resep panna cotta ini sangat sederhana dan bahannya mudah di dapatkan. Tidak mahal-mahal juga kok Bun, karena kita pakai susu saja tidak ditambah krim, yang penting Bunda ingin mencoba membuatnya sendiri. Bunda juga bisa mengkreasikan resepnya ala Bunda sendiri, kok. Yuk mari…




Bahan:
- 5 tea bag green tea
- 6 sachet susu kental manis
- 10 buah oreo cokelat
- 2 bks agar-agar plain
- kurang lebih 1000ml air matang
- 8 sdm gula pasir
- 2 scoop ice cream vanilla
Pelengkap: sesuai selera

Cara membuat:

Pertama, kita akan buat matcha sendiri. Yang harus dilakukan adalah gunting greentea bag. Kebetulan aku masih ada stok greentea di rumah, karena susah juga dapetin matcha powder jadilah pake greentea merk TongTji yang bisa dibeli di supermarket terdekat. Masukkan serpihan greentea ke dalam blender dan tambahkan kurang lebih 600 ml air panas. Mix dalam blender kurang lebih 3 menit untuk mendapatkan greentea dengan rasa yang kuat, lebih lama lebih bagus. Saring teh, tiriskan sebentar. Campurkan air greentea yang sudah jadi dengan 4 sachet susu kental manis dan kurang lebih 5 sdm gula pasir. Masukan satu scoop ice cream vanilla. Mix kembali dalam blender hingga tercampur semua. Yeaah, matcha drink sudah selesai!
Nah, sekarang kita akan mulai buat pudding matcha-nya. Masukkan satu bungkus agar-agar plain ke dalam panci. Campurkan agar-agar dengan matcha drink yang sudah kita buat tadi. Panaskan di atas kompor. Aduk-aduk selama 3-5 menit hingga mendidih. Siapkan wadah. Tuangkan pudding matcha ke dalam wadah. Tunggu pudding ini sampai mengeras, sehingga kita bisa mulai menyatukannya dengan adonan pudding yang kedua.

Kedua, kita buat resep pudding oreonya. Disini aku pakai oreo dengan krim cokelat, karena nemunya yang ini dan aku lebih suka oreo krim cokelat, hehe. Siapkan blender. Masukkan kurang lebih 500 ml air minum biasa, boleh hangat atau dingin, ke dalam blender. Tambahkan 10 buah oreo yang sudah kita hancurkan kasar terlebih dahulu. Masukkan tiga sendok makan gula pasir atau sesuai selera. Jangan lupa tambahkan 2 sachet susu kental manis biar semakin creamy. Masukkan satu scoop ice cream vanilla. Mix ketiga bahan tersebut dalam blender hingga benar-benar tercampur merata. Sisihkan. Cara buat puddingnya masih sama kok. Masukkan satu bungkus agar-agar plain ke dalam panci. Tuang oreo drink yang kental ke dalam panci, campurkan. Aduk-aduk selama 3-5 menit hingga mendidih. Adonan pudding oreo sudah jadi, dan hasilnya cukup kental.

Ketiga, keluarkan pudding matcha yang sudah dingin dan mengeras. Tuang adonan pudding oreonya ke atas pudding matcha, sehingga kita kombinasikan. Pudding oreo ini cepat sekali mengentalnya lho, jadi kita harus segera menuangkannya ke atas pudding matcha.

Terakhir, kita bisa gunakan topping di atas pudding oreo, sesuai dengan selera.

Share this:

,

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment